Latest News

Contoh Wawancara Tentang Lingkungan Sekitar


Contoh Wawancara - Selain diajarkan di bangku sekolah ternyata juga berguna di saat kita mau mencari kerja maupun untuk masuk ke bangku perkuliahan. Kali ini kami akan membagikan beberapa contoh wawancara. Berikut adalah contoh wanwancara dengan narasumber tentang lingkungan.


Karakter/tokoh wawancara : Ratih (Pewawancara) dan Dewa (Narasumber)

Contoh Wawancara 1

Wawancara di bawah ini, merupakan wawancara mengenai kebersihan lingkungan di sekolah.

Ratih : "Selamat siang Pak. "

Dewa  : " Siang dek. "

Ratih : " Maaf saya menggangu Bapak sebentar ? "

Dewa  : " Oh, iya .. tak apa-apa... ada apa dek? "

Ratih : " Saya mau mewawancarai bapak tentang kebersihan lingkungan di sekolah. "
Dewa  : " Oh, iya Dek, silahkan. "

Ratih : " Terima kasih Pak, pertanyaan pertama, bagaimana pendapat bapak tentang kebersihan lingkungan disekolah kita? ”

Dewa  : " Saat ini lingkungan sekolah sudah bersih, namun kelasnya masih ada beberapa yang masih kotor. ”

Ratih : " Menurut Bapak, kebersihan lingkungan seberapa pentingnya? apa alasannya alasannya. ”

Dewa  : " Kebersihan lingkungan penting sekali. kebersihan sangat mempengaruhi  kesehatan kita juga. "

Ratih : " Setelah kita tahu pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, apa saja yang harus kita lakukan? "

Dewa  : " Kita akan melaksanakan Jum’at bersih, Sabtu indah, serta Minggu sehat. "

Ratih : " Lalu Siapa saja yang berperan untuk kebersihan lingkungan kita ini? "

Dewa  : " Ya semua warga sekolah. Ini bukan saja tugas kebersihan saja. Kita sebagai warga sekolah, kita juga harus menjaga kebersihan. Minimal yaitu membuang sampah pada tempatnya. "

Ratih : " Menurut Bapak, Seberapa berpengaruhnya kebersihan lingkungan untuk kelangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah ? "

Dewa  : " Sangat penting dong Dek, kebersihan lingkungan akan memberikan kenyamanan pada saat proses belajar mengajar.  Coba bayangkan jika lingkungan sekolah kotor. Pastinya kita akan selalu tutup hidung dong!"

Ratih : " Bagaimana tanggapan Bapak tentang kesadaran siswa disekolah kita ini akan kebersihan lingkungan? "

Dewa  : " Nampaknya siswa masih banyak yang belum menyadari tentang pentingannya kebersihan disekolah. Merka masih ada yang suka buang sampah jajan sembarangan”
Ratih : " Kok bisa begitu Pak? "

Dewa  : " Mungkin mereka masih merasa malas untuk membersihkannya. Namun ini tidaklah benar. mereka harus menjaga kebersihan lingkungan. Karena sudah kita ketahui bahwa kebersihan itu sebagian dari iman."

Ratih :  " Pertanyaan terakhir, apa harapan bapak mengenai kebersihan lingkungan di sekolah ini kedepannya? "

Dewa  : " Saya berharap semua warga sekolah sadar akan pentingannya kebesihan lingkungan di sekolah. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, ini berguna untuk menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk, dan sehat. Yang akhirnya yaitu akan membuat kita merasa nyaman "

Ratih : " Sekian pak, terima kasih atas waktunya. "

Dewa  : " Iya, sama-sama Dek. "


Contoh Wawancara 2

Contoh wawancara yaing kedua yaitu mengenai aksiunjuk rasa masyaraka terhadap perusahaan yang mencemari kebersihan lingkungan  desa
Ratih : "Selamat siang! Maaf mengganggu sebentar, apa kita bisa wawancara sebentar ?"

Dewa : "Selamat siang! boleh, Silahkan !"

Ratih : "Apa tujuan dari aksi Bapak dan teman – teman Bapak?"

Dewa : "Kami ingin melakukan unjuk rasa kepada PT. Bulan Purnama atas kegiatan pabrik yang mencemarkan lingkungan desa kami."

Ratih : "Apakah yang sudah dilakukan oleh PT. Bulan Purnama sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan ?"

Dewa : "PT. Bulan Purnama bekerja tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Mereka membuang limbah pabriknya langsung ke sungai tanpa pengolahan terlebih dahulu. Sehingga, sungai di desa kami tercemar limbah – limbah beracun tersebut."

Ratih : "Seberapa parahkah keadaan sungai di desa ini ?"

Dewa : "Keadaannya terbilang sudah parah, Air sungai berwarna kuning pekat dan terdapat banyak busa – busa yang mengeluarkan bau yang tidak enak di hidung. Selain itu, makhluk hidup yang terdapat di sungai menjadi mati."

Ratih : " Dampak apa saja yang dirasakan masyarakat sekitar sungai ini ?"

Dewa : "Pencemaran sungai telah menimbulkan banyak kerugian untuk masyarakat . Tak hanya kerugian materil saja, tetapi juga merugikan bagi kesehatan. Semua ikan yang ada ditambak dekat sungai itu mati, sehingga, banyak juga orang yang kehilangan pekerjaannya karena sudah tidak ada lagi ikan. Sedangkan untuk kerugian di bidang kesehatan, yaitu seperti penyakit gatal-gatal. Bahkan sebagian warga juga banyak yang keracunan akibat minum air dari sungai tersebut."

Ratih : "Lantas, apakah sudah adakah respon dari pihak PT Bulan Purnama untuk menanggapi aksi Bapak dan teman – teman yang lakukan?"

Dewa : "Ada Mbak, akhirnya perusahaan mereka mau menerima perwakilan kami untuk masuk dan berdiskusi. Diskusinya hingga saat ini masih berlangsung. Kita tunggu saja.."

Ratih : "Sebenarnya apa saja sih tuntutan - tuntutan yang masyarakat ajukan?"

Dewa : " Masyarakat menuntut perusahaan untuk melestarikan kembali sungai di desa ini, selain itu mereka juga harus mengganti kerugian yang dialami oleh masyarakat kami. Jika tuntutan-tuntutan kami tidak diterima, kami akan melakukan aksi demo dengan massa yang lebih besar lagi dan bahkan menutup paksa pabrik ini."


Ratih : "Baiklah, saya kira sudah cukup sampai di sini. Terimakasih atas waktu Bapak. Semoga apa yag menjadi tuntutan masyarakat dapat terpenuhi dipenuhi oleh perusahaan ini."

Dewa :  "Sama-sama."

Sekian artikel contoh wawancara yang bisa kami sampaikan. Semoga beberapa contoh wawancara diatas bermanfaat bagi pembaca sekalian.

0 Response to "Contoh Wawancara Tentang Lingkungan Sekitar"