Pengertian analisis SWOT adalah suatu metode perencanaan strategi. Analisis SWOT digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam spekulasi bisnis. SWOT sendiri merupakan singkatan 4 kata yaitu strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. SWOT biasanya disajikan dalam bentuk tabel untuk memudahkan analisis.
Tujuan analisis SWOT adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan yang sudah dianalisis. Sehingga dengan analisi SWOT, perusahaan dapat berjalan dengan baik. Untuk itu perusahan harus melakukan analisi untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan baik.
Arti Masing-Masing Analisi SWOT
Tujuan analisis SWOT adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan yang sudah dianalisis. Sehingga dengan analisi SWOT, perusahaan dapat berjalan dengan baik. Untuk itu perusahan harus melakukan analisi untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan baik.
Arti Masing-Masing Analisi SWOT
1. Strenght (S) / analisis kekuatan
Strengts merupakan gambaran kekuatan dari suatu perusahaan. Setiap perusahaan perlu menilai kekuatan yang dimiliki. Contohnya faktor kekuatan yaitu, misalnya produk memiliki kualitas bagus.
2. Weaknesses (W) / analisis kelemahan
Weakness merupakan gambaran kelemahan dari suatu perusahaan. Kelemahan dapat menjadi kendala serius untuk kemajuan perusahaan. Contoh weakness yaitu pemasaran yang kurang baik.
3. Opportunity (O) / analisis peluang
Opportunity merupakan gambaran peluang yang ada. Opportunity digunakan untuk mencari peluang yang memungkinkan suatu perusahaan dapat berkembang. Biasanya ini berasal dari luar atau eksternal. Contohnya perusahaan tersebut dekat dengan pasar atau market.
4. Threats (T) / analisis ancaman
Threats merupakan gambaran ancaman suatu perusahaan. Theart adalah tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh perusahaan dari faktor lingkungan yang tidak menguntungkan. Misalnya sudah banyak perusahaan dengan produk yang sama.
0 Response to "Pengertian Analisis SWOT"