Latest News

Perbedaan Sarana dan Prasarana


Secara etimologi pengertian sarana dan prasarana memiliki perbedaan. Namun keduanya mempunyai keterkaitan satu sama lain yang sangat penting sebagai alat penunjang keberhasilan. Artinya, tidak dapat mencapai keberhasilan yang diinginkan tanpa sarana dan prasarana yang memadai.

Perbedaan Sarana dan Prasarana


Pengertian Sarana dan Prasarana

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat untuk mencapai makna dan tujuan. Misalnya sarana pendidikan, ini dapat diartikan sebagai alat dalam mencapai tujuan pendidikan, contohnya seperti buku, tas, pulpen, komputer, dan lain sebagainya.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Misalnya prasarana pendidikan, artinya alat tidak langsung untuk mencapai tujuan dalam pendidikan. Contoh prasarana adalah lokasi, bangunan sekolah, lapangan olahraga, dan lain sebagainya.

Perbedaan Sarana dan Prasarana

Apa perbedaan antara sarana dan prasarana? Sarana dan Prasarana, Sayangnya, masih banyak orang yang berpikir jika kata Sarana dan Prasarana memiliki arti sama. Namun, anggapan tersebut adalah salah. Ini karena keduanya sangat berbeda.

Berikut merupakan perbedaan antara sarana dan prasarana :

  1. Sarana adalah falilitas yang dipakai secara langsung (utama), sedangkan prasarana adalah fasilitas penunjang dari sarana.
  2. Sarana merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai tujuan, sedangkan prasarana merupakan segala sesuatu untuk menunjang terselenggaranya suatu proses.
  3. Sarana lebih diutamakan untuk benda-benda yang bergerak (komputer dan mesin). Sedangkan prasarana lebih ke arah benda-benda yang tidak bergerak (seperti gedung, ruang, dan tanah).

0 Response to "Perbedaan Sarana dan Prasarana"