Latest News

Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati yang Sangat Tinggi?


Indonesia merupakan negara mega biodiversity. Hal ini dikarenakan indonesia termasuk ke dalam negara dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia. Di indonesia memiliki lebih dari 10% kehidupan jenis mahkluk hidup di muka bumi ini ada di Indonesia, dengan luas daratannya hanya < 1/75 dari seluruh luas daratan di dunia.

Indonesia memang terkenal dengan keanekaragaman hayati yang tinggi yang dimiliki. Banyaknya jenis flora dan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor inilah yang nantinya akan menjawab mengapa indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

Inilah Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati yang Sangat Tinggi

Di Indonesia terdapat sekitar 38.000 jenis tumbuhan, 3.000 jenis lumut, 4.000 jenis paku, dan 20.000 jenis tumbuhan biji yang sudah dikenali. Dari jumlah tersebut itu jenis tumbuhan barulah 10% yang dimanfaatkan. Pemanfaatan tersebut yaitu sebagai bahan pangan, tanaman hias, obat-obatan, bahan bangunan, industri dan lain sebagainya.

Indonesia tidak hanya kaya dengan jenis tumbuhannya namun juga hewannya. Menurut penelitian IBSAP tahun 2003 setidaknya terdapat 515 jenis mamalia (36% endemik, peringkat pertama dunia), 35 jenis primate (25% endemik), 511 jenis reptil, 1.531 jenis burung (sebagian jenis endemik), 270 jenis amfibi, dan 212 jenis kupu-kupu (44% endemik) terdapat di negara kita, Indonesia.

Inilah jawaban "Mengapa Keanekaragaman Hayati Indonesia Sangat Tinggi?"

Tingginya keanekaragaman hayati di Indonesia dipengaruhi beberapa faktor. Simak berikut ini.

  • Indonesia adalah negara kepulauan
  • Indonesia terletak di dua zona biogeografi yaitu oriental dan wilayah australian
  • Indonesia berada di daerah tropik dan menjadi salah satu sasaran migrasi satwa dari belahan bumi selatan serta belahan bumi utara. Hal ini mengakibatkan Indonesia memiliki tambahan kekayaan jenis hayati.
  • Pulau-pulau di Indonesia banyak yang tidak tersentuh manusia. Ini mengakibatkan tingginya tingkat endemisnya. Sehingga flora dan fauna masih terjaga.
  • Daerah hutan di Indonesia yang luas merupakan habitat hidup baik flora dan fauna. Hutan Indonesia juga relatif masih terjaga.
  • Laut yang luas juga menambah kekayaan yang berlimpah dan beragam


Itulah berbagai alasan kenapa Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi. 

0 Response to "Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati yang Sangat Tinggi?"