Latest News

Mengapa Langit Berwarna Biru?


Apakah kamu juga bertanya, "mengapa langit berwarna biru?". Ini bukan pertanyaan yang aneh. Kami akan berusaha memberi penjelasan, semoga ini membantu.

Sebelum masuk ke pertanyaan mengapa langit berwarna biru, sebenarnya ini ada hubungannya dengan matahari. Warna dari sinar matahari sejatinya adalah putih.

Cahaya putih sebenarnya terdiri dari kumpulan cahaya lain dengan warna yang berbeda-beda. Masing-masing warna tersebut berhubungan dengan panjang gelombangnya.

Mengapa Langit Berwarna Biru?


Sebenarnya ruang angkasa tidak memiliki warna. Warna biru pada langit disebabkan karena adanya interaksi antara cahaya matahari dengan atmosfer.

Warna biru yang dimiliki langit adalah hasil penyebaran cahaya yang disebut 'Rayleigh'. Penyebaran Rayleigh bergantung pada panjang gelombang cahaya. Panjang gelombang yang di bawah paling banyak tersebar. Lapisan bawah atmosfer tersusun sebagian besar dari partikel oksigen dan molekul nitrogen yang menyebarkan cahaya gelombang pendek (warna spektrum biru dan nila), ke derajat yang lebih besar dari cahaya gelombang panjang (merah dan kuning).

Penyebaran dari cahaya 400-nanometer (nila) 9,4 kali lebih luas dari penyebaran cahaya 700-nanometer (merah). Partikel asmosfer menyebarkan lebih banyak nila dibanding biru, namun mata kita lebih sensitif terhadap cahaya biru. Sehingga warna langit akan terlihat biru di mata kita. Selain itu sebagian cahaya nila akan diserap di lapisan atas atmosfer.

Pada saat matahari tenggelam ataupun terbit, cahaya matahari akan dapat menembus atmosfer lebih kuat. Kejadian ini akan mengakibatkan cahaya biru dan nila tersebar kembali, dan  kuemudian memperlihatkan cahaya merah dan kuning. Hal inilah yang membuat langit menampilkan warna jingga.

Jadi sudah tahu kan mengapa langit berwarna biru.

0 Response to "Mengapa Langit Berwarna Biru?"